| |

Kumpulan Lagu Wajib Nasional Indonesia

Kumpulan Lagu Wajib Nasional – Identik dengan tradisi, menyemarakkan momen kemerderdekaan hingga perlombaa dan mengenang jasa para pahlawan.

Kumpulan-Lagu-Wajib-Nasional

Lagu Wajib Nasional

Lagu wajib nasional merupakan lagu-lagu yang sebaiknya diketahui oleh kita sebagai warga negara Indonesia. Definisi lain, pengertian lagu wajib adalah lagu yang syairnya yang berbahasa Indonesia sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, memperkaya jenis musik, menumbuhkan kerativitas, serta rasa percaya diri. Selain itu, lirik lagunya juga mengajak kita untuk mengingat jasa para pahlawan bagi kemerdekaan Indonesia hingga diproklamasikan 17 Agustus 1945. Pencipta lagu wajib nasional di latar belakangi msa perjuangan dan masa kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ciri-ciri Lagu Wajib Nasional

Pencipta lagu wajib di latar belakangi masa perjuangan dan masa kemerdekaan bangsa Indonesia. Lagu Wajib diajarkan, dipelajari, dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa ciri-ciri lagu wajib yang harus dipelajari oleh seluruh warga negara Indonesia, anatara lain:

  • Lagu wajib menggunakan irama yang penuh semangat atau berupa himne
  • Lagu wajib dinyanyikan setiap hari-hari besar kebangsaan
  • Lagu wajib diajarkan, dipelajari dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya
  • Lagu wajib dinyanyikan saat hari besar atau kebangsaan dan dinyantikan secara khidmat dan hormat
  • Biasanya pencipta lagu wajib adalah para pejuang terntentu
  • Lagu-lagunya sangat dihormati

Baca Juga: Keberagaman Jumlah Suku Yang Ada Di Indonesia

Daftar Lagu Wajib Nasional

Daftar-Lagu-Wajib-Nasional

Biasanya, hal-hal mengenal lagu nasional telah dikemas menjadi salah satu materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Meski demikian, tak ada salahnya juga jika mempelajarinya di rumah untuk memerkaya wawasan.
Nah, berikut daftar lagu-lagu wajib nasional yang dapat anda ketahui:

1. Indonesia Raya

“Indonesia Raya” adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia. Lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan di depan umum pada waktu peristiwa Kongres Pemuda II yang dilaksanakan selama dua hari. Sejak pertama kali dikumandangkan, lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman ini digunakan sebagai lagu kebangsaan untuk Indonesia.

2. Mengheningkan Cipta

Lagu tersebut dibawakan pertama kali oleh Presiden Soekarno di tahun 1958. Lagu ini menggambarkan rasa terima kasih masyarakat Indonesia kepada seluruh pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia. Dalam buku Terlengkap Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Lagu Daerah, dan Lagu Anak Indonesia oleh Wildan Bayudi, saat itu Soekarno tengah melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan.

3. Hari Merdeka

Pada 19 Desember 1948 saat Agresi Militer 2, keadaan sangat genting ketika Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta dikepung oleh tentara Belanda. Dalam lagu ini, tersimpan semangat pejuang yang berkobar hingga Indonesia benar-benar merdeka. Selain makna perjuangan, lagu ini menyiratkan tekad pejuang dalam melawan penjajah. Lagu yang memiliki tempo cepat ini menggambarkan semangat kemerdekaan untuk generasi muda hingga masa-masa medatang.

4. Garuda Pancasila

Lirik lagu ini mengandung makna sebagai warga negara yang sudah menerima Pancasila sebagai ideologi negara, harus mengekkan dan menjaga Pancasila sebagai ideologi utama. Garuda Pancasila diciptakan oleh Sudhartono, lahir di Kendal Jawa Tengah pada 24 Oktober 1952.

5. Bagimu Negeri

Lagu “Bagimu Negeri” menyiratkan semangat rakyat Indonesia untuk berkorban demi bangsa dan negaranya, yang diciptakan oleh Kusbini. Terdapat dua makna yang terkandung dalam lagu nasional Bagimu Negeri yakni makna nasionalisme dan makna patriotisme.

6. Rayuan Pulau Kelapa

Diciptakan oleh Ismail Marzuki, lagu ini menggambarkan betapa banyaknya keindahan alam Indonesia, seperti flora, fauna, kepulauan, hingga pantainya. Lagu ini adalah favorit nostalgia di kalangan ekspatriat Indonesia, terutama mereka yang meninggalkan negara itu untuk Belanda pada 1940-an dan 1950-an, setelah kemederakaan.

Ikuti terus informasi terupdate tentang berbagai Lagu Nasional yang akan kami sediakan untuk kalian.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *