|

Keberagaman Agama Di Indonesia Beserta Asal Usulnya

Keberagaman Agama Di Indonesia – Hal yang harus kita banggakan adalah jiwa toleransi masyarakat yang besar terhadap perbedaan Agama yang ada di Indonesia.

Keberagaman-Agama-Di-Indonesia-Beserta-Asal-Usulnya

Sejarah Keberagaman Agama Di Indonesia

Agama adalah sebuah sistem atau kepercayaan yang berisi aturan-aturan sebagai pedoman hidup bagi pemeluknya dan juga sebagai peribadatan kepada tuhan. Keberagaman Agama adalah ragam agama yang di anut masyarakat, artinya masyarakat tidak hanya menganut satu agama saja. Walaupun demikian Masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.

Keberagaman Agama Di Indonesia tercipta melalui sejarah dan proses yang panjang, karena Indonesia merupakan Negara Kepulauan dengan hasil Sumber Daya Alam yang berlimpah, salah satunya yaitu rempah-rempah. hal ini membuat pedagang Eropa, China, Gujarat, dan India datang ke Indonesia. Mulanya para penjelajah itu hanya ingin menikmati hasil Sumber Daya Alam kita, seperti dengan cara berdagang, namun ternyata mereka juga membawa masuk budaya serta Agama nya. Contohnya adalah:

  • Agama Hindu dan Buddha yang di bawa oleh pedagang India.
  • Agama Islam di bawa oleh pedagang asal Gujarat dan Persia
  • Agama Kristen dan Khatolik di bawa masuk ke Indonesia oleh pedagang Eropa
  • Agama Konghucu di bawa oleh para pedagang asal China.

Hal tersebut pun menyebar luas di Masyarakat sehingga  Keberagaman Agama di Indonesia tercipta.

Apa Saja Agama Yang Di Akui Indonesia?

Indonesia adalah negara yang memiliki enam Agama, hal ini terjadi karena kepercayaan masyarakat terhadap Agama yang di peluknya. Selain itu simbolik Negara kita yaitu Pancasila yang mengarah pada religi “Ketuhanan yang Maha Esa”. dengan lambang perisai hitam dan sebuah bintang emas bersudut lima yang menjadi gambaran agama yang ada di Indonesia. Ini dia Agama yang di akui Negara Indonesia.

Agama Hindu 

Agama Hindu

Merupakan Agama yang memiliki sejarah panjang dari pada agama yang lainnya, wilayah Indonesia yang menganut Agama Hindu terbanyak yaitu di Bali, Tempat Ibadah Agama Hindu adalah Pura, dan hari besar nya adalah Hari Raya Gulungan, Kitab Sucinya Weda.

Agama Buddha 

Agama Buddha

Adalah Agama tertua di dunia, dan memiliki penganut sebanyak 1.7 juta jiwa di Indonesia, para pemeluk Agama ini melakukan Ibadah sembahyang di Vihara dan membaca Kitab Suci Weda. Buddha juga merupakan ajaran dengan pemahaman filsafat yang di arkan oleh Siddharta Gautama.

Agama Islam 

Agama Islam 

Menjadi Agama mayoritas di Indonesia karena memiliki pemeluk sebanyak 207 juta lebih umat Muslim, ibadah seorang muslim yaitu sholat, berpusa, berdzakat, naik haji bagi yang mampu, dan membaca Al-Qur’an. Tempat ibadah umat Islam adalah Masjid dan Hari besarnya adalah Idul Fitri dan Idul Adha.

Agama Katolik 

Agama Katolik 

Memiliki pengikut sebanyak 6.9 jut jiwa di Indonesia Tempat ibadah Agama ini adalah Gereja, hari besarnya yaitu Natal dan Kitab Sucinya ialah Al Kitab Katolik, Katolik merupakan agama pertama yang muncul di maluku, yang menjadikan maluku sebagai penganut pertama agama Katolik.

Baca Juga: Mayoritas Agama Di Indonesia Yang Memiliki Penganut Terbanyak

Agama Kristen Protestan 

Agama Kristen-Protestan 

Merupakan Agama Kedua yang memiliki penganut terbanyak di dunia, masyarakat beragama protestan melakuan ibadah di setiap hari minggu di Gereja, Kitab Suci mereka adalah Injil dan hari besarnya adalah Natal.

Agama Konghucu

Agama Konghucu

Adalah agama tentang pemahaman Konfusianisme sebagai filsafat, Konghucu sendiri memiliki penganut paling sedikit yaitu hanya 0.05%. Tempat Ibadah Konghucu adalah Klenteng atau Litang, Hari besarnya yaitu Imlek di mana banyak Masyarakat Indonesia yang merayakannya. Agama ini memiliki beberapa Kitab Suci seperti Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), Si Shu (Kitab Yang Empat), Xiao Jing (Kitab Bakti).

Sebagai Masyarakat kita harus mewujudkan tolerasi di antara umat beragama. Kamu juga bisa melihat informasi tentang lebih banyak tentang Agama Indonesia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *