Danau Toba – Sejarah Dan keindahan Yang Tersembunyi

Danau Toba adalah sebuah wisata yang sangat indah termasuk danau yang terbesar di dunia yang berada di samosir atau sering disebut kaldera toba provinsi sumatera utara.

Danau Toba - Sejarah Dan keindahan Yang Tersembunyi

Danau toba merupakan salah satu wisata yang terbesar di dunia. Dengan berukuran panjang 100 km (62mil)serta dengan kedalaman 508 meter (1.667 ft). Namun ia merupakan salah satu terbesar di indonesia sekaligus danau vulkanik yang terbesar di dunia. Maka sebab dari itu ia juga memiliki udara yang segar dan bersih. Ia juga memiliki air yang jernih sering juga di bilang air tawar yang sering warga ambil. Terbentuknya danau toba adalah letusan dari gunung berapi yang sangat daysat. Dengan ketuatan 6 sampai 79.000 sampai 81.000 pada tahun 1999 di daerah danau toba.

Letusan tahun 1999 yang lalu, letusan itu termasuk sangatlah  dasyat. Yang ada di bumi ini dalam 28 juta tahun yang lalu. Menurut ahli geologoi lesutan ini sangat berbahaya patut di waswas dan jaga jarak aman keluar dari zona merah. Pada saat letusan itu terdapat banyak jiwa korban yang tergeletak di wilayah danau toba. Dan sebagian ngak nampak lagi karena terbawa arus atau di tutupin abu vulkanik.

Bukan hanya di indonesia aja yang terkena bencana akibat letusan gunung berapi yang ada di danau toba. Seluruh dunia juga terkena semacam abu vulkanik. Para penelitian juga sepakat bahwa letusan toba memicu musim abu vulkanik yang sangat dasyat. Dapat menyebabkan jatuhnya suhu dunia antara 4°C (34) di kawasan daerah lintas atas. Agar tidak ketinggalan dengan informasi lain nya bisa kunjungin link berikut Archipelago Indonesia.

Sejarah Danau Toba

Menurut cerita masyarakat dan penduduk di sekitaran Danau Toba. Danau ini bermula dari seorang anak putra yang sangat baik dan ramah yaitu bernama toba seorang anak yatim piatu. Menurut masyarakat setempat ia juga tidak bisa terpisah dari kisah danau dan ikan emas yang sangat besar. Ikan mas bukan sembarangan dia berfungsi sebagai ikan yang berfungsi menjaga danau toba atau bisa di sebut dengan keramat. Kisah dari seorang anak yang bernama toba ia berkerja sebagai petani atau nelayang yang mencari ikan di danau. Namun di toba melihat salah satu ikan dengan bersisik emas yang sangat terang dan cantik. Akhirnya toba pun mengambil ikan itu dan ia memutuskan membawa pulang ikan itu dan memelihara ikan dengan baik.

Setelah di tangkap sampai di rumah toba ikan pun berubah menjadi wujud seorang gadis yang sangat cantik. Setelah dari kejadian itu lama kelamaan akhirnya toba pun mulai jatuh cinta melihat seorang gadis itu yang sangat cantik. Dan akhirnya bahkan toba pun mengajak si perempuan cantik itu untuk menikah dengannya. Tapi setelah dari itu sang gadis pun berbuat janji dengan di toba, namun toba mendengarkan perjanjian dari sang putri. Perjanjian itu toba harus merahasiakan asal usul sang seorang gadis yang sangat cantik pada siapa pun.

Setelah sekian lama mereka menikah pada suatu hari toba ada masalah yang secara tiba tiba toba pun marah besar. Pada kemarahnan si toba dia memarahi anakya karena sudah memakan bekal yang di titip dari sang seorang istri untuk si toba. Lalu toba berkata kasar kepada anknya yang bernama samosir dan toba berteriak mengatakan anakya adalah seorang anak ikan. Dan sejak kejadian itu spontan langit pun berubah menjadi gelap dan hujan langsung turun dengan deras dan ngak ada hentinya maka di situ lah terjadinya danau yang sangat besar.

Baca Juga: Pulau Weh – Petualangan Menyelam & Keindahan Alam di Aceh

Keindahan Yang Di Danau Toba

Keindahan Yang Di Danau Toba

Danau toba adalah salah satu keajaiban alam indonesia yang sangat indah dan luar biasa. Selain dari itu juga dia memiliki alam yang segar dan budaya yang sangat kaya dengan parawisata. Kaya dengan maka pencarian dan juga kaya dengan sumber daya alam yang ia miliki sendiri sekaligus menarik perhatian wisatawan lokal maupun di internasional. Ia juga memiliki danau yang sangat besar dan indah, selain dari keindahan juga memiliki ikan yang segar segar contonya seperti ikan mas dan ikan nila. Selain dari itu ia  juga memilki bebrapa wisata yang sangat indah sebagai berikut:

  • Air biru dan pegunungan hijau di danau toba yang terletek di samosir provinsi sumatera utara yang ada di indonesia. Air biru danau tersebut merupakan salah satu danau vulkanik yang terbesar di sumatera utara.
  • Pesona pulau di tengah danau salah satu wisata yang menarik yang berada di tengahnya. Saat mulai matahari terbenam langit dan air danau akan membentuk lukisan yang sangat menadjubkan.
  • Aktivitas wisata yang ada  naik kapal keliling pulau danau toba, berenag melewati keindahaan alamnya dengan udara yang sangat segar.
  • Keramahan warga yang ada di danau toba merupakan sangat luar biasa. warga juga memiliki warga yang sangat baik dan menakjubkan semua para wisatawan yang berkunjung.
  • Hutang yang ada di bagian pinggiran pun sangat sehat dan besar besar, maka lebih dari itu udara di danu toba juta sangat segar dan hutan yang sangat indah
  • Air terjun si piso piso terletak di pinggiran danau toba yang di letak di daerah paropo
  • Simarjarunjung adalah salah satu wisata yang sangat indah di pinggiran jalan bisa sambil melihat keindahan di sekelilingnya

Suku yang Ada di Danau Toba

Sebagian besar suku yang ada di daerah danau toba adalah suku batak. Suku batak dapat memliki rumah tradisional yaitu rumah batang yang berbentuk atapnya sama seperti ujung kapal yang melengkuh ke atas seperti ujung perahu dan warna yamg sangat menarik. Penduduk suku batak juga banyak yang bergantung kehidupan dengan mengembangkan perikanan air tawar. Selain dari pada itu suku yang tinggal di daratan yaitu suku batak, suku mandailing, dan suku karo.

Kesimpulan

Dia adalah seorang petani yang memancing pergi ke danau secara tiba tiba dia menemukan seekor ikan mas yang yang sangat besar dan cantik. Setelah itu dia membawa ikan mas ke rumah, sesampai di rumah ikan masnya berubah menjadi seorang sang putri yang sangat cantik. Dan pada akhirnya toba pun menikah dengan sang gadis, setelah beberapa bulan ia memilki putra bernama samosir. Pada suatu saat sang ibu menyuruh anaknya megantar nasi ke pada si toba tapi di dalam perjalanan anaknya menghabiskan makanan sang ayah. Dan seorang ayah memarahi anaknya dengan kata kata dasar kau anak ikan dan di situlah langsung langit menjadi gelap dan hujan turun deras dan akhirnya menjadi danau. Agar tidak ketinggalan dengan informasi lain nya tentang kepulauan lain nya bisa kunjungi kami hanya di storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *