Kabupaten Dairi – Mengenal Sejarah Dan Geografinya

Kabupaten Dairi adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi kawasan wilayah Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota Kabupaten dari Dairi terletak di kecamatan Sidikalang. Kabupaten ini juga berpenduduk sangat padat.

Kabupaten-Dairi---Mengenal-Sejarah-Dan-Geografinya

Sekitar pada Tahun 2003, Kawasan ini dimekarkan menjadi dua kabupaten. Sebagai salah satu kabupaten induk dan Kabupaten Pakpak Bharat merupakan salah satu sebagai hasil pemekaran. Maka dari itu dengan dasar hukum Undang Undang Nomor 9 Tahun 2003, tanggal 25 Februari 2003. Kawasan ini juga dikenal dengan keindahan alamnya serta keragaman budaya. Kabupaten Dairi merupakan salah satu dari 33 kabupaten/kota yang ada di kawasan wilayah provinsi Sumatera Utara. Maka selain dari itu dengan luas wilayah kabupaten miliki sekitar 192.780 hektare. Yaitu sebesar sekitar 2,69% dari luas provinsi Sumatera Utara 7.160.000 hektare yang berada di bagian terletak di sebelah barat laut.

Kabupaten Dairi merupakan berada pada ketinggian sekitar rata-rata 700 hingga 1.250 meter di bagian atas permukaan laut. Selain itu ia juga mempunyai dengan 15 kawasan wilayah kecamatan. Jumlah penduduk kabupaten Dairi pada akhir tahun sekitar 2023 sebanyak 326.155 jiwa\ manusia. Dairi berbatasan langsung dengan salah satu Kota yang bernama Subulussalam dan Kabupaten Aceh Tenggara di provinsi Aceh. Dengan juga begitu Bupati Dairi adalah salah satu seorang pemimpin tertinggi yang berada di wilayah di lingkungan pemerintah Kabupaten Dairi. Bupati Dairi bertanggung jawab kepada salah satu seorang Gubernur provinsi Sumatera Utara. Saat ini, bupati atau kepala daerah yang menjabat di Kabupaten Dairi ialah bernama Eddy Keleng Ate Berutu, dengan wakil bupati Jimmy Andrea Lukita Sihombing. Berikut ini beberapa sejarah sejarah lainya klik link Archipelago Indonesia.

Sejarah kabupaten Dairi

Pada sejak Masa Agresi 1 yang Berdasarkan surat presiden Tapanuli sekitar Nomor 1256 tanggal sampai dengan 12 September 1947. Itu adalah merupakan maka ditetapkanlah Harian Paulus Manurung yang sebagai salah satu Kepala Daerah Tk. Yang merupakan pertama kali di kawasan wilayah tersebut yang berkedudukan di Sidikalang. Maka dari terhitung mulai tanggal 1 Oktober 1947 yang berisi catatan hari bersejarah ini berdasarkan kesepakatan pemerintah. Selain dari itu juga berisi masyarakat kelak yang dikukuhkan sebagai salah satu hari jadi di kawasan wilayah Kabupaten Dairi.

Sejarah-kabupaten-Dairi

Penjabat Bupati Kepala Daerah kawasan Dairi yang pertama ditetapkan oleh salah satu Rambio Muda Aritonang. Maka dari itu yang bertugas mempersiapkan pembentukan salah satu DPRD Dairi serta pemilihan salah satu Bupati definitif. Kabupaten Dairi juga merupakan yang didirikan oleh berdasarkan Peraturan Pemerintah. Namun dengan itu Pengganti Undang-Undang Nomor 4 pada sekitar Tahun 1964 yang tentang Pembentukan sebuah Kabupaten Dairi. Maka sebab dari itu selanjutnya kawasan wilayahnya ditetapkanlah berdasarkan salah satu Undang-Undang yang berada pada Nomor 15 Tahun 1964. Yang berisi tentang salah satu Wilayah yang berada di sebuah Kecamatan di kawasanini, yang merupakan pemekaran dari sebuah kawasan Tapanuli Utara.

Sejarah inti kabupaten dairi sebagai berikut:

  • Asal-Usul Nama dari sebuah “Dairi” berasal dari kata “Dairi,” yang dalam bahasa wilayah Batak Karo mengacu pada lokasi atau daerah.
  • Penjajahan Belanda Seperti banyak daerah di kawasan Indonesia, Dairi mengalami masa penjajahan Belanda yang sangat mempengaruhi struktur administratif dan sosial masyarakat.
  • Pembentukan kawasan dibentuk pada sekitar tahun 1958 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Karo. Selama perkembangannya, Dairi telah mengalami berbagai perubahan administratif dan perkembangan infrastruktur.

Geografi kabupaten Dairi

Beberapa letak geografi kawasan Kabupaten Dairi sebagai berikut:

  • Letak Geografis kawasan Kabupaten Dairi terletak di bagian barat Provinsi Sumatra Utara dan berbatasan dengan salah satu Kabupaten Karo di sebelah timur, Kabupaten Sidikalang di sebelah selatan, dan Provinsi Aceh di sebelah barat.
  • Topografi kawasan Daerah ini memiliki topografi yang bervariasi, mulai dari dataran yang tinggi hingga pegunungan. Kabupaten Dairi terletak pada di kawasan dataran tinggi Sumatera yang memberikan pemandangan alam yang indah.
  • Iklim kawasan Kabupaten Dairi memiliki salah satu iklim tropis dengan suhu yang relatif sejuk, terutama di daerah pegunungan. Hal ini membuat kawasan daerah ini cocok untuk pertanian, khususnya tanaman hortikultura seperti kopi dan sayuran.

Baca Juga: Kota Berastagi – Menyimpan Sumber Daya Alam Yang Melimpah

Keindahan Kabupaten Dairi

Beberapa keindahan yang berada di Kabupaten tersebut adalah:

  1. Danau Toba merupakan salah satu wisata yang berdekatan dengan kawasan tersebut. Meskipun danau ini terletak di kabupaten tetangga, Danau Toba sangat dekat dengan kawasan ini. Dan juga sering menjadi destinasi wisata utama bagi pengunjung yang datang ke kawasa wilayah daerah ini. Danau Toba adalah salah satu danau vulkanik yang terbesar di Indonesia dan juga memiliki pemandangan yang sangat spektakuler.
  2. Air Terjun yang berada di Kawasan tersebut memiliki beberapa air terjun yang sangat menawan. Contohnya seperti seperti Air Terjun Sipiso-piso dan Air Terjun Efrata. Wisata ini juga salah satu yang menawarkan keindahan alam dan kesempatan untuk menikmati alam bebas.
  3. Pemandangan Alam Keindahan alam kawasan Dairi juga termasuk hutan-hutan ber iklim tropis, perkebunan teh, serta ladang-ladang hijau yang sangat menyegarkan mata.
  4. Budaya Batak Karo juga merupakan salah satu Kabupaten Dairi. Ia juga merupakan bagian dari wilayah yang dihuni oleh salah satu suku Batak Karo. Budaya lokal mereka merupakan seperti rumah adat, upacara adat, dan kuliner khas Batak Karo menambah kekayaan budaya daerah ini.
  5. Wisata Beberapa desa di Dairi menawarkan wisata yang sangat berbasis desa, di mana pengunjung dapat merasakan kehidupan tradisional suku Batak Karo. Juga salah satu termasuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan mengalami cara hidup mereka sehari-hari.

Kuliner Makanan Khas Kabupaten Dairi

  • Ginaru yang terbuat dari rempah-rempah khas, seperti kunyit, cabai, jahe, bawang, serta asam cikalam dengan bahan utamanya, singkong. Sekilas, makanan khas ini yang sama seperti kolak.
  • Pelleng adalah merupakan salah satu makanan khas yang dipercaya dapat membangkitkan semangat dan keberanian.
  • Lappet merupakan Makanan khas yang satu ini memiliki makna khusus bagi masyarakat di Sidikalang.
  • Nanas sidkalang merupakan salah satu Buah yang satu ini merupakan salah satu kebanggan masyarakat Dairi. Rasanya yang khas, masam dan manis.
  • Kopi dari Sidikalang sudah tidak diragukan lagi. Karena daerah ini dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Kabupaten dairi merupakan salah satu kabupaten yang telah di mekarkan menjadi 2. Ia juga merupakan salah satu yang memiliki wisata yang sangat indah. Selain dari itu ia juga berdekatan dengan wisata wisata lainnya seperti air terjun si piso-piso atau danau toba. Ciri khas makananya juga sangat menarik yang mempunya ciri makanan dari daerah sendiri. Juga selain dari itu kawasan ini juga merupakan salah satu yang subur akan tumbuhan. Dan jangan lupa lihat tokoh pahlawam indonesia hanya di storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *