6 Provinsi Di Pulau Jawa Beserta Ibukotanya

6 Provinsi di pulau jawa yang secara otonom berada di wilayah tersebut. Provinsi tersebut diujung timur hingga unjung barat pulau jawa. Sebanyak 6 provinsi dipulau jawa, yaitu banten jawa berat, dki jakarta, jawa tengah, di yogyakarta,dan jawa timur. Luas pulau jawa diperkirakan setikar 128.297 kilometer persegi. Batas pulau jawa berupa daratan dan lautan. Berikut ini adalah pulau batas jawa yaitu:

6 Provinsi di pulau jawa

Dibawah ini akan memberikan informasi menarik dan terlengkap tentang 6 provinsi menarik lagi yang harus anda ketahui dan klik link dibawah ini Archipelago Indonesia

6 Provinsi Di Pulau Jawa

Banten

Dahulu, provinsi banten adalah bagian dari jawa barat,sejak ada undang undang No 23 tahun 2000, banten terpisah dari jawa barat.Luas provinsi banten adalah 8.651,20kilometer persegi.Banten dan masa kolonia. Kerajaan Banten pernah mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa (1631-1692). Pada saat itu, Banten terkenal sebagai pusat penyebaran agama Islam dan pelabuhannya menjadi pusat perdagangan Internasional.

Bukti peninggalan Kerajaan Banten masih dapat dilihat hingga saat ini, seperti Keraton Surosowan, Masjid Agung Banten, maupun Benteng Speelwijk. Banten merupakan salah satu wilayah penting pada masa pemerintah Hindia Belanda. Gubernur Jenderal Herman Williem Daendels (1808-1811), Gubernur Hindia Belanda, membangun pelabuhan pangkalan armada laut di Ujung Kulon. Daendels juga melakukan pembangunan jalan Trans Jawa, Jalan Anyer-Panarukan. Peninggalan Sejarah Banten menjadi bahan kajian ilmiah dan dan sarana wisata. Banten juga terkenal sebagai tempat wisata dan industri. Wilayah banten juga menjadi tempat penyeberangan pulau jawa ke sumatera tepatnya dipalabuhan merak.

Jawa Barat

Ibu kota Jawa Barat adalah Bandung. Jawa Barat merupakan jantung budaya Sunda yang juga disebut sebagai Tatar Sunda/Pasundan bersama Provinsi Banten. Luas wilayah Jawa Barat mencapai 35.377,76 kilometer persegi dengan jumlah kabupaten sebanyak 18 kabupaten dan 9 kota. Kota di Jawa Barat adalah Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Bekasi, Depok, Cimahi, Tasikmalaya, dan Banjar. Baca juga: 6 Provinsi di Papua beserta Ibukotanya Kabupaten di Jawa Barat terdiri dari Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Bandung Barat, dan Pangandaran.

DKI Jakarta

DKI Jakara adalah wilayah otonom setingkat provinsi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 tahun 2007, DKI Jakarta merupakan Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang berkedudukan sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Luas DKI Jakarta adalah 661,52 kilometer persegi berupa daratan dan 6.977,5 kilometer persegi berupa lautan. Wilayah tersebut juga memiliki sekitar 110 pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu. DKI Jakarta terbagi menjadi lima wilayah kotamadya dan satu kabupaten, yaitu Kotamadya Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

Baca Juga: Kehidupan Sehari-Hari Di Provinsi Nama Provinsi Tradisi Modernita

DiYogyakarta6 Provinsi di pulau jawaIbu kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah Yogyakarta. Luas DIY adalah 3.185,8 kilometer. Sejarah Yogyakarta bermula dari berdirinya Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat berdasarkan Perjanjian Giyanti 1755. Perjanjian tersebut memunculkan sistem pemerintahan dan akhirnya berkembang menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam perkembangan pemerintahannya, Yogyakarta mengalami proses dari tipe pemerintahan feodal dan tradisional menjadi pemerintahan dengan struktur modern.

Berkaitan dengan Republik Indonesia dan DIY, aspek yuridis politik yang berkaitan dengan berdirinya sejarah menjadi wujud pengintegrasian diri dari kerajaan ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 3 tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai respon atas keberadaan DIY untuk menangani urusan pemerintahan dan urusan yang bersifat khusus.

Jawa Tengah

Ibu kota Jawa Tengah adalah Semarang. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang diapit oleh dua provinsi, yaitu Jawa Timur dan Jawa Barat. Jumlah Kabupaten di Jawa Tengah sebanyak 29 kabupaten dan jumlah kota di Jawa Tengah sebanyak enam kota. Luas Jawa Tengah sekitar 3,25 juta hektar atau kurang lebih 25,04 persen dari luas Pulau Jawa. Bahasa Jawa Tengah umumnya bahasa Jawa dengan beragam dialek, yaitu dialek Solo-Yogya, dialek Pekalongan, dialek Wonosobo, dialek Banyumas, dan dialek Tegal.

Jawa Timur

Letak geografis Jawa Timur berada di 111 derajat 00 Bujur Timur – 114 derajat 4 Bujur Timur dan 7 derajat 12′ Lintang Selatan -8 derajat 48′ Lintang Selatan. Luas Jawa Timur sebesar 47.963 kilometer persegi yang terdiri dari daratan Jawa Timur dan Kepulauan Madura. Ada 9 kota di Jawa Timur, yaitu Surabaya, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Batu, Mojokerto, Pasuruan, dan Probolinggo. Bahasa Jawa Timur terdiri dari tiga bahasa, yaitu bahasa Bajo, bahasa Jawa, dan bahasa Madura. Bahasa Jawa yang terdapat di Jawa Timur dituturkan dalam empat dialek, yaitu dialek Jawa Timur, dialek Tengger, dialek Osing, dan dialek Solo-Yogya.

Kesimpulan

Sebagai ibukota Propinsi  Kota Yogyakarta kaya predikat, baik berasal dari sejarah maupun potensi yang ada, seperti sebagai kota perjuangan, kota kebudayaan, kota pelajar, dan kota pariwisata.Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi yang terletak dibagian tengah pulau jawa. DI.Yogyakarta memiliki letak yang sangat strategis ,memiliki 5 Kabupaten yaitu: Kabupaten Sleman, pantul, Kulonprogo, Gunung Kidul dan Kota.

Yogyakarta tergolong provinsi yang kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Saat ini perguruan tinggi yang dalam bidang pendidikan yogyakarta dikenal dengan kota pelajar memiliki perguruan yang memiliki kwalitas yang tinggi berstandar nasional maupun internasional, Anda bisa langsung saja mengunjungi webdite kami dengan cara mengklik link yang satu ini storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *