|

Berkenalan Dengan Suku Samin, Masyarakat Adat Dari Pedalaman Blora

Suku Samin merupakan salah satu dari ratusan suku bangsa yang ada di Indonesia. Ini berada di pedalaman Blora, Jawa Tengah, yang masih bertahan dengan keaslian tradisi yang telah dilestarikan sejak lama. Suku Samin memiliki wilayah yang bernama Kampung Samin Klopoduwur yang berada di Dukuh Karangpace. Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mengutip dari laman resmi Kabupaten Blora, suku ini memiliki daya tarik wisata yang berbasis budaAsal Muasal Suku Samin.

Berkenalan Dengan Suku Samin, Masyarakat Adat dari Pedalaman Blora

Dibawah ini akan meberikan informasi menarik dan terlengkap tentang berkenalan dengan suku samin adat pedalaman blora yang harus anda ketahui dan klik link dibawah ini Archipelago Indonesia

Muasal Suku Samin

Mengutip dari buku Etnografi Masyarakat Samin di Bojonegoro karya Siti Munawaroh dan rekan, dapat diketahui jika masyarakat . Samin merupakan kelompok masyarakat yang menganut paham Saminisme. Suatu paham yang dibawakan oleh seorang tokoh bernama Samin Surosentiko yang lahir pada tahun 1859 di Desa Ploso, Kedhiren, Klopoduwur, Randublatung, Blora.

Ajaran ini dapat muncul sebagai respons atas pemerintah kolonial Belanda yang sewenang-wenang terhadap orang-orang pribumi. Respons yang ditimbulkan berupa perlawanan non fisik berupa pertentangan terhadap segala aturan dan kewajiban yang dilakukan rakyat pemerintah terhadap Belanda waktu itu. Termasuk menolak membayar pajak yang dilakukan oleh pencetusnya.

Karakteristik Suku Samin

Masyarakat Samin memiliki kepribadian yang jujur ​​dan polos, hal ini mereka tunjukkan dengan sikap terbuka kepada siapapun orang tersebut termasuk kepada orang-orang yang bahkan belum mereka kenal. Sementara sifat jujur ​​mereka tercermin dalam perilaku, sikap, maupun bahasa yang digunakan, serta terbuka kepada siapa pun. Jujur merupakan salah satu dari sekian wujud sifat masyarakat Samin dari ajaran yang dianutnya. Masyarakat Samin berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa lugu atau ngoko alus yang kadang bercampur bahasa krama. Sehingga terkadang tuturan bahasa yang terucap dari mulut mereka terdengar agak kasar dibandingkan orang Jawa lainnya.

Baca Juga: Suku Kombai – Suku Paling Kecil Yang Ada di Indonesia

Terbuka Akan Modernisasi 

terbuka akan modernisasi suku samin

Suku Samin terbuka akan modernisasi, baik dalam hal alat komunikasi ataupun berkehidupan sosial. Munculnya teknologi membuat mereka terbantu untuk mendapatkan pengalaman terutama dalam pembangunan pertanian maupun program-program pembangunan lainnya, hal ini ditunjukkan dalam adanya kerjasama seperti gotong royong. Musyawarah, dan membantu ketika ada yang memerlukan. Kemajuan teknologi seperti komputer, telepon genggam, peralatan elektronik, dan listrik telah mereka gunakan. Namun, meskipun perangkat modern telah masuk ke wilayah mereka, suku Samin tetap mempertahankan nilai luhur yang telah mereka pegang selama ini. Seperti menjunjung tinggi kejujuran, toleransi, kebersamaan, dan gotong royong.

Kesimpulan

suku samin disebabkan karena adanya persetujuan terhadap kebijakan pemerintah kolonia belanda yang. Disebarkan oleh samin surosentiko pada abad ke-19 di indonesia,lebih tepatnya di kabupaten blora. Jawa tengah ajaran samin membuat para pengikutnya menolak membayar pajak dan melakukan kerja tanpa upah ajaran samin diwariskan melalui tradisi lisan dari generasi ke generasi untuk menjaga agar ini. Tetap ada ajaran samin dihayatin oleh setiap orang samin.  Ajaran samin memberikan tuntunan dan membimbing manusia untuk berbuat baik dan jujur, Jika anda tertarik untuk mengetahui informasi tentang suku samin yang ada di Indonesia, maka bisa langsung kunjungi storyups.com

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *