Sejarah Bola Voli

Bola voli (bahasa Inggris: volleyball) adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat juga variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing tim hanya memiliki dua orang pemain.

Sejarah Bola Voli

Olahraga ini dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional. Sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Klik link berikut ini untuk mengetahui informasi atau update terbaru dari kami hanya di   Archipelago Indonesia

Sejarah 

Pada awal penemuannya, permainan olahraga bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). Morgan, yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga bola basket oleh James Naismith. Olahraga Mintonette ini sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan, yaitu bola basket, taruhan, tenis, dan bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini pun dibuat tidak aktif permainan bola basket.

Sarana Dan Prasarana Permainan

Lapangan permainan Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 meter. Bola Regulasi FIVB menyatakan bahwa bola harus bulat, memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, terbuat dari kulit asli atau sintetis dengan sebuah bola dalam yang terbuat dari karet atau sejenisnya, dengan berat 260 hingga 280 gram. 

Baca Juga: Pulau Nusa Lembongan – Surga Tersembunyi Di Tenggara Bali

Cara Permainan

Baca Juga: Pulau Nusa Lembongan – Surga Tersembunyi Di Tenggara Bali

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.

Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan Defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.

Permainan ini akan menuntut kemampuan otak yang prima, terutama melempar. Tosser harus dapat mengatur permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia lakukan dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan mengusahakan untuk mencapai angka 25 terlebih dahulu untuk memenangkan suatu babak.

Aturan Permainan

Jika pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan lawan mendapatkan nilai. Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah lawan. Jika, maka lawan akan mendapatkan nilai  Sistem Pertandingan adalah 

  • Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan didisitribusikan ke dalam 2 (dua) grup, masing-masing grup terdiri dari 4 (empat) tim.
  • Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
  • Pertandingan tidak akan tertunda jika salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.
  • Jumlah minimum pemain yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
  • Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah dipastikan pemenangnya maka babak ke-3 tidak perlu dilaksanakan.

Kesimpulan

Bola voli dimaikan oleh dua tim dalam satu lapangan yang mana satu tim bola voli terdiri dari 10 orang pemain yaitu 6 pemain yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan lapangan dan 4 pemain cadangan lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter dan mempunyai lebar 9 meter satu set pemain harus mendapat kan angka 25 kecuali pada set ke 5 tinggi tiang net untuk laki-laki yaitu 2,43 meter tinggi tiang net untuk perempuan yaitu 2.24 meter. Anda bisa langsung saja mengunjungi webddite kami dengan cara mengklik link yang satu ini storydiup.com

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *