Sejarah Perkembangan Komputer Untuk Generasi Ke Generasi

Sejarah perkembangan komputer yang membentang melalui rentang waktu yang menarik dan mengesankan. Hal ini menampilkan dan evolusi yang luar biasa dari mesin raksasa hingga era digital yang kita nikmati saat ini. Perkembangan komputer dan ini bukan hanya sekedar perkembangan teknologi, tetapi juga refleksi dari kemampuan manusia untuk mengatasi tantangan dan menciptakan solusi yang semakin canggih.

Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer ini adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil dari pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia, biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan. Komputer yang telah menjadi tonggak penting yang merevolusi cara kita hidup dan bekerja. Pada awalnya, komputer ini digunakan hanya untuk mengolah beberapa permasalahan yang berhubungan dengan aritmetika.
Namun pada saat ini, komputer yang dapat memberikan berbagai macam fungsi seperti hiburan, mengolah data, alat transaksi, media pengawas, dan lain-lain. Klik link berikut ini untuk mengetahui informasi atau update terbaru dari kami hanya di ArchipelagoIndonesia.

Generasi Pertama Ditahun (1940-1956)

Perangkat komputer ini generasi pertama ini digagas oleh insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse. Komputer yang ini dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Komputer ini generasi pertama ini sangat mahal dan besar. Misalnya ENIAC, komputer yang pertama di dunia ini mempunyai bobot 30 ton, panjang 30 M, dan tinggi 2,4 M. Komputer generasi pertama ini juga mengandalkan bahasa mesin, yaitu tingkat bahasa pemrograman paling rendah yang dapat dipahami oleh komputer dan. Bahasa pemrograman ini hanya bisa menyelesaikan satu perhitungan setiap waktu, dan serta perlu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk memuat perhitungan baru.

Generasi Kedua Ditahun (1956-1963)

Perkembangan dari generasi kedua ini ditandai dengan diciptakannya transistor untuk menggantikan tabung hampa. Dengan hadirnya transistor, komputer ini dibuat lebih kecil, cepat, murah dan hemat energi. Selain itu, pada generasi ini, saja dilakukan pengembangan memori inti magnetik. Secara umum komputer dari generasi kedua sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, kapasitas memorinya sudah lumayan luas, tidak membutuhkan terlalu banyak listrik, dan proses operasinya sudah cepat.

Generasi Ketiga Ditahun (1964-1971)

Komputer ini generasi ketiga ini ditandai dengan pengembangan sirkuit terpadu. Pada tahun 1958, Jack Billy menciptakan chip sirkuit terpadu atau IC. Ini adalah kepingan kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu. Jadi, komputer yang pada generasi ketiga menjadi lebih kecil, cepat, dan murah. Pada masa ini, memungkinkan dan untuk dipasarkan ke khalayak umum. Di sisi yang lain, komputer itu pada generasi kedua mulai ditinggalkan karena pemakaian transistor yang membuat komputer ini jadi cepat panas.

Baca Juga Kehidupan Sehari-Hari Di Provinsi Nama Provinsi Tradisi Modernita

Generasi Keempat Ditahun (1971- Sekarang)

komputer generasi 4

Periode ini ditandai dengan berkembangnya mikroprosesor yang menyatukan ribuan IC ke dalam satu menjaga silikon. Pada masa ini, mulai muncul laptop yang sangat portable dan dapat dibawa kemana-mana. Seiring komputer-komputer kecil ini menguat, mereka dapat dihubungkan untuk membimbing jaringan, yang pada akhirnya mengawali perkembangan internet. Komputer dan generasi pertama yang besarnya hingga bisa mengisi seluruh ruangan, komputer dari generasi keempat sudah muat dalam genggaman manusia.

Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

Perkembangan komputer dan generasi kelima ini ditandai dengan munculnya LSI atau integrasi skala besar yang merupakan pemadatan ribuan mikroprosesor ke dalam satu mikroprosesor. Komputer ini generasi kelima ini juga ditandai dengan munculnya semi konduktor. Komputer itu kuantum dan penggunaan teknologi nano juga akan mengubah besar-besaran wajah komputer ini yang kita kenal pada generasi sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulan: Komputer adalah salah satu alat yang pertama kali tidak membantu dalam perhitungan, Komputer juga tidak hanya sebagai alat untuk menghitung saja tetapi semua aspek kehidupan dapat dilakukan lebih mudah dan cepat dengan komputer. Dilihat dari generasi ke generasi juga dari awal generasi pertama sampai sekarang komputer sudah mengalami perkembangan dan perubahan yang cukup pesat, dan komputer dari generasi pertama sampai sekarang semakin canggih lagi yang lebih dapat mengefisienkan waktu dan juga biaya. Simak terus informasi lainnya mengenai seputar sejarah Indonesia dengan mengunjungi storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *