Sejarah Pramuka Di Dunia

Pramuka adalah gerakan kepanduan yang sangat populer baik di Indonesia. Maupun di dunia yang merupakan hasil peleburan dari bergam organisasi kepanduan yang ada sebelumnya. Ketika kita menelusuri sejarahnya, gerakan kepanduan atau pramuka pada diawalnya muncul di Inggris yang diprakarsai oleh. Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau yang biasa kita kenal demi Sir Robert Baden Powell yang merupakan Bapak Pramuka Dunia.

sejarah-pramuka-di-dunia

Pramuka dunia didirikan tanggal 25 Juli 1907, yang pada saat itu Robert Baden Powell menjabat sebagai Letnan Jenderal militer Inggris mengadakan izin. Dikenal sejak kecil, Robert Baden Powell menaruh perhatian pada alam dan sangat suka menjelajahi hutan yang ada di sekitar sekolahnya. Masa dia bekerja sebagai seorang perwira militer dan ditugaskan ke berbagai peperangan, ia ditugaskan untuk memimpin kepanduan menyelesaikan perang, Robert Baden Powell memimpin. Aids to Scouting bagi anggota muda dan mengadakan kegiatan berkemah semasa 8 hari di Pulau Brownsea.Pulau Brownsea adalah pulau terbesar di pelabuhan Poole, Dorset, Inggris. Klik link berikut ini untuk mengetahui informasi atau update terbaru dari kami hanya di ArchipelagoIndonesia.

Membentuk Organisasi Pramuka

Membentuk-Organisasi-Pramuka (1)

Tidak lama selepas dilaksanakannya Jambore, dibentuklah WOSM atau. Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia (Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia). Atas tahun 1968, kantor sekretariatnya pindah ke Jenewa, Swiss. Pada awalnya kantor sekretariat itu berada di Kota London, Inggris dan pada tahun 1958 pindah ke Ottawa, Kanada.

Biro kepramukaan sedunia Memiliki 6 kantor kawasan, diantaranya;

  • Area Afrika, kantornya berada di Nairobi, Kenya.
  • Area Arab, kantornya berada di Kairo, Mesir.
  • Area Asia Pasifik, kantornya berada di Manila, Filipina.
  • Area Eurasia, kantornya berada di Kiev, Ukraina.
  • Area Eropa, kantornya berada di Jenewa, Swiss.
  • Area Inter-Amerika, kantornya berada di panama.

Padalan di Indonesia sendiri, Pramuka diawali dengan munculnya kepanduan milik Belanda yang bernama NPO (Netherlandesche Padvinders Organisatie) pada tahun 1912. Pada tahun 1916, NPO ini rubah namanya menjadi NIPV atau Netherland Indische Padvinders Vereeniging (Persatuan Pandu Hindia Belanda. Di tahun yang akan sama , Mangkunegara VII membentuk organisasi kepanduan pertama di Indonesia dengan nama JPO (Javaansche Padvinder Organisatie).

Dengan lahirnya JPO ini, memicu pergerakan nasional untuk membuat organisasi kepanduan lainnya batas akhirnya dilarang oleh Belanda. Walaupun begitu, tokoh-tokoh pejuang Indonesia masihkan ada jalan dan membuat kepanduan semakin berkembang. Dan pada tahun 1938 dibentuklah sebuah forum untuk semua dan kepanduan yaitu BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia). Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1961, melalui dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961, Panji Gerakan Pramuka ditetapkan oleh presiden Soekarno.Sejak saat itulah, tanggal 14 Agustus 1961 ditetapkan demi. Hari Lahir Gerakan Pramuka yang merupakan simbol persatuan kepanduan Indonesia.

Baca Juga Kehidupan Sehari-Hari Di Provinsi Nama Provinsi Tradisi Modernita

Kesimpulan

Kesimpulan awal oraganisasi pramuka di indonesia ditandai dengan munculnya cabang-cabang yang dimiliki. Belanda dengan nama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada tahun 1912 yang kemudian berubah nama menjadi. Nerderlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) pada tahun 1916, di tahun yang sma Mangkunegara VII membentuk Oraganisasi kepanduan pertama. Simak terus informasi lainnya mengenai seputar sejarah Indonesia dengan mengunjungi storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *