|

Sepak Bola – Olahraga Yang Memiliki Peminat Terbesar Saat Ini

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang terdiri dari dua tim berlawan yang bertujuan untuk saling memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin sekaligus mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

sepak bola - olahraga yang memiliki peminat terbesar saat ini

Permainan biasanya akan dimainkan oleh sebelas pemain dari setiap tim selama dua babak, yaitu 2×45 menit. Saat ini, sepak bola sendiri dianggap sebagai olahraga paling terpopuler di dunia. Olahraga ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, baik laki-laki maupun perempuan bahkan sampai dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa.

Sejarah Asal-Usul Sepak Bola Dunia

Sebelum sepak bola berkembang dan terkenal seperti saat ini, ada beberapa versi terkait siapa yang mencetuskan pertama kali sepak bola. Ada yang mengatakan bahwa permainan sepak bola sebenarnya berasal dari negara China. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa sepak bola berasal dari Romawi.

Salah satu catatan yang ada di sejarah menyebutkan bahwa sepak bola sudah ada pada 3.000 tahun silam, lebih tepatnya pada masa Mesoamerika kuno oleh suku Aztec atau yang biasa kita kenal juga dengan nama Tchatali. Pada masa itu, sepak bola telah dimainkan menggunakan bola yang ditendang oleh kedua tim. Saat itu bola yang digunakan mempunyai bahan yang terbuat dari dasar karet.

Salah satu yang menjadi perbedaan permainan sepak bola di masa Mesoamerika dengan zaman sekarang adalah tentang kepentingannya. Pertandingan pada masa itu dilakukan atau dimainkan bertujuan untuk kepentingan sebuah acara ritual. Meraka melambangkan bola itu sendiri sebagai simbol matahari.

Bukti lain mengatakan sepak bola berasal dari china hal ini diperkuat dengan ditemukan nya salah satu dokumen militer.yang mengatakan china memainkan sepak bola pada masa dinasti Tsin dan Han. Tsu memiliki arti menerjang bola dengan kaki, chu diartikan sebagai bola yang memiliki lapisan kulit berisi,  Archipelago Indonesia.

Peraturan Dan Teknik Dasar Sepak Bola

Untuk pertandingan internasional pada orang dewasa, lapangan sepak bola internasional meliki panjang antara 100-200 meter dan mempunyai lebar 65-75 meter. Dibagian tengah kedua ujung lapangan terdapat sebuah gawang yang berbentuk persegi empat dengan ukuran lebar 7.23 meter dan tinggi 2.44 meter. Lama permainan normal adalah 2×45 menit,ditambah dengan istiraha 15 menit hingga mendapat pemenang. Namun jika kedua tim sama kuat maka akan diadakan adu pinalti. wasit dapat menentukan berapa waktu yang bisa ditambahkan setiap akhir babak sebagai pengganti waktu yang telah hilang.

Apabila pemain melakukan pelanggaran yang sangat keras wasit wasit dapat memberikan sebuah kartu kuning atau kartu merah. Kuning berarti perinatan dan kartu merah artinya pemain akan dikeluarkan oleh wasit dan tidak akan bisa digantikan oleh pemain lain. Dan selama pelanggaran itu wasit akan memberhentikan pertandingan sementara. Dalam pertandingan profesional, wasit terdiri dari 4 petugas yang bertugas memimpin jalannya pertandingan. Yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas berada di pinggir tengah lapangan dan wasit gawang yang berada di pinggir gawang.

Baca Juga: Permainan Tradisional Patok Lele: Warisan Budaya yang Menyemarakkan Masa Kecil

Kompetisi Turnamen Terkenal Sepak Bola

Kompetisi Turnamen Terkenal sepak Bola

Sepak bola bagaikan magnet yang dapat menarik seluruh penduduk di berbagai belahan dunia. Kompetisi apa pun mulai dari event kampung hingga kompetisi antar negara selalu mendatangkan penonton yang sangat banyak. Piala Afrika sendiri dapat menjadi salah satu contoh. Tiket turnamen itu selalu terjual habis sebelum pertandingan dimulai. Lalu selain Piala Afrika, ada beberapa contoh turnamen yang juga tak kalah bergengsi di dunia seperti.

  • Copa Libertadores
  • Copa America
  • Piala Eropa
  • Liga Champions
  • Piala Dunia

Pemain Legenda Sepak Bola

Sepak bola yang menjadi salah satu cabang olahraga sangat diminati oleh seluruh penduduk yang ada di dunia banyak melahirkan para pemain top dari berbagai belahan dunia seperti:

1. Ronaldinho Dari Brasil

Sepanjang kariernya, Ronaldinho sudah pernah mengikuti gelar liga bersama Barcelona dan AC Milan. Trofi si Kuping Besar sendiri pernah ia dapatkan saat dia berseragam Blaugrana pada musim 2005/2006. Ia juga menjadi kunci kesuksesan negara Brasil saat berhasil menjadi juara dunia FIFA edisi 2002. Berkat permainannya itu, Ronaldinho juga berhasil mendapatakan Ballon d’Or sebanyak 2 kali.

2. Franz Beckenbauer Dari Jerman

Beckenbauer adalah pemain fenomenal yang pernah dimiliki oleh klub Bayern München. Selama ia berkarier di sana, 4 gelar Bundesliga, 4 Piala DFB, dan 3 trofi Liga Champions pernah ia dapatkan dan persembahkan. Di tingkat negara sendiri, ia pernah merasakan betapa manisnya sebuah gelar juara dunia bersama Jerman pada tahun 1974. Tidak hanya itu, Beckenbauer juga berhasil meraih 2 penghargaan Ballon d’Or.

3. Cristiano Ronaldo Dari Portugal

Cristiano adalah seorang pemain terbaik dunia yang lahir dengan kerja kerasnya. Ia merupakan seorang legenda bagi dua klub raksasa di dataran Eropa, yaitu Manchester United dan Real Madrid. Berbagai gelar tingkat klub, Eropa, dan dunia pernah ia raih dan rasakan. Permainannya yang luar biasa gemilang mengantarkan Cristiano meraih 5 gelar Ballon d’Or.

4. Lionel Messi Dari Argentina

Pemain terbaik di dunia yang menjadi urutan teratas adalah Lionel Messi. Messi merupakan playmaker sekaligus pencetak gol yang sangat handal. Ia juga pernah merasakan berbagai trofi di tingkat klub, Eropa, maupun internasional. Selain, gelar liga klub dan Liga Champions, Messi juga menyempurnakan gelarnya setelah ia berhasil meraih Piala Dunia edisi 2022. Saat ini Messi juga berhasil meraih Ballon d’Or terbanyak, yaitu 7 penghargaan.

Pengaruh Sepak Bola Kepada Budaya dan Sosial

Sepak bola, yang dimainkan lebih dari dua ratus negara, mempunyai dapak pengaruh budaya yang amat besar. Budaya merupakan suatu produk nilai-nilai budaya yang dominan. Namun sepak bola juga berkontribusi sangat penting dalam membentuk nilai-nilai dan mengedepankan serta merayakan beberapa nilai, namun mengabaikan beberapa nilai-nilai lainnya. Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa sebuah klub sepak bola saat ini secara tidak proporsional mememakai nilai-nilai yang terkait dengan persaingan antar pribadi, kekayaan, dan juga status.

Di Inggris contohnya perselisihan muncul tentang klub-klub yang merumahkan staf yang tidak ikot bermain dengan biaya publik sambil tetap mempertahankan para pemainnya dengan gaji penuh. Perdebatan ini telah menyebabkan para klub-klub suporter bertanya bagaimana nilai-nilai suatu klub ditegakkan, terutama ketika banyak orang menghadapi kesulitan dengan masalah keuangan. Para eksekutif klub memberikan tanggapan yang bervariasi. Beberapa membela kebijakan yang ditetapkan ini sementara yang lain menerima pemotongan gaji yang cukup signifikan.

Baru-baru ini, rencana untuk pembentukan Liga Super Eropa memunculkan pertanyaan yang mendalam tentang kemana arah cabang olahraga ini. Klub-klub tampaknya semakin terdislokasi dengan komunitas di mana mereka pernah berada, dan terus semakin melayani kepentingan finansial elit global itu sendiri. Perdebatan-perdebatan ini cukup penting,karna pentingnya budaya sepak bola sehingga mereka mungkin menggambarkan dan melatih respons kolektif kita terhadap suatu isu-isu serupa. Ketika isu-isu tersebut kemudian muncul di area perdebatan publik yang lainnya. Simak dan ikuti terus jika ingin mengetahui berbagai informasi seputar olahraga di Indonesia dan tragedi hanya dengan klik link berikut ini indoskorupdate.com

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *