|

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja – Wisata & Cagar Alam Sumatera Utara

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja merupakan salah satu cagar alam yang sudah berumur ratusan tahun, sekaligus Objek Wisata terpopuler yang kini selalu menjadi buruan masyarakat di Indonesia.

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja - Wisata & Cagar Alam Sumatera Utara

Pemandangannya yang memanjakan mata membuat para wisatawan tidak pernah bosan untuk selalu memilih berkunjung ke tempat yang satu ini. Alam Indonesia yang kaya merupakan suatu keuntungan tersendiri dan harus dijaga karena tercipta dengan kealamian-kealamian yang dihasilkan oleh alam itu sendiri bertujuan sebagai wisata berkelanjutan baik lokal maupun mancanegara.

Menjadi nilai tersendiri dengan kemurnian alamnya yang terus terjaga dan belum terjamah keasliannya. Berikut mari kita bahas apa saja yang dapat dikupas dari Kawah Putih Dolok Tinggi Raja.

Sejarah & Asal-Usul

Terbentuk dari letusan gunung berapi pada puluhan ribu tahun yang lalu menghasilkan kawah yang kemudian terisi air berwarnakan khas putih kehijauan, mengandung mineral serta gas yang larut di dalamnya. Pengambilan nama “tinggi raja” hasil dari pada daerah yang dulunya adalah kerajaan, pada masa kolonial Belanda dengan keputusan Zelfbestuur Besluit, Nomor 24 Tanggal 16 April 1924, Dolok Tinggi Raja ditetapkan sebagai hutan lindung. Terjadinya fenomena alam yang langka membuat para raja sepakat yang pada awalnya hanyalah hutan lindung beranjak statusnya sebagai Cagar Alam hingga sampai saat ini. Kawah yang berlokasikan di Simalungun, Sumatera Utara. Menurut informasi masyarakat lokal setempat suhu kolam bisa mencapai 90 derajat celcius, yang asal panasnya dari bumi mengandungkan belerang dan kemudian membentuk bukit kapur salju tidak lupa dengan panorma menakjubkannya.

Baca Juga: Jumlah Pulau Di Indonesia Dan Lokasi Pulau Terbesar

Spot & Tempat Wisata

Begitu banyak ragam spot dan tempat yang bisa dipilih oleh wisatawan, yaitu :

1. Cagar Alam

Para wisatawan tentu saja bisa secara langsung melihat keanekaragaman hayati serta potensi alam yang alami dengan luas ratusan hektar. Dikelilingi pohon-pohon hijau dan segar dengan hutan tropis banyak sekali tanaman yang jarang bisa untuk kita jumpai dan hampir punah, sungguh merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan demi menjaga kemurnian. Tanaman anggrek, warga setempat memamerkan dengan banyaknya jenis-jenis anggrek yang terdapat disana kurang lebih 70 jenis, juga pastinya masih banyak tanaman lainnya. Diharapkan untuk setiap pengunjung selalu menjaga kebersihan dikawasan ini demi menjaga kelestariannya.

2. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Primadonanya untuk para wisatawan, terdapat banyak kawah yang bentuknya unik, tidak hanya itu pastinya para wisatawan menunggu moment yang tak terlewatkan untuk mengabadikan moment lewat photo, terdapat 7 sumber air panas :

  •  Kawah putih
  •  Kawah biru
  •  Sungai bah balabak
  •  Goa kalelawar
  •  Sungai pertula-tula
  •  Danau lamparan
  •  Pemandian sungai

3. Sungai Bah Balaklak Danau Lapparan

3. Sungai Bah Balaklak Danau Lapparan

Dulunya sempat menjadi tempat pemandian putri raja, hawa panas dari uap air bisa dirasakan saat mengenai kulit, walaupun bersuhu tinggi banyak terdapat ikan hidup disungai kita bisa melihat secara langsung dengan mata telanjang.

Kuliner

Makanan khas daerah Kawah Putih yang memiliki kekayaan kuliner khas daerah. Beberapa makanan khas yang dapat dinikmati di sekitar kawasan ini antara lain:

  •  Arsik, terbuat dari ikan mas atau ikan patin yang dimasak dengan bumbu khas seperti andaliman, kemiri, dan bumbu lainnya. Arsik biasanya disajikan dengan nasi putih.
  • Naniura salah satu hidangan populer, terbuat dari ikan segar yang diasinkan dengan campuran andaliman, bawang merah, cabe rawit, dan bumbu lainnya. Naniura biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka.
  • Saksang, hidangan yang terdiri dari daging babi atau daging sapi yang dimasak dengan darah, santan, dan berbagai rempah-rempah. Saksang memiliki cita rasa yang kaya dan pedas.

Makanan-makanan ini tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang khas, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi Archipelago Indonesia.

Mitos Penduduk

Selain menyajikan pemandangan alam yang begitu indah terdapat juga mitos yang beredar oleh warga-warga lokal setempat, antara lain ketika hendak merebus telur kemudian beberapa dari telur berkurang. Yang paling sering muncul mitos mengenai warna kawah yang putih kebiruan, ada versi berpendapat tentang adanya makhluk yang bersemayam didalam kawah. Dan juga mereka mengatakan bahwa bagi yang non muslim, tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung babi dikarenakan akan dapat mengundang hujan. Sungai-sungai dan Danau-danau memiliki penunggu gaib, sesekali mereka mencoba untuk membuat tempat pemandian tapi setelah itu apa yang mereka buat menghilang tanpa bekas. Air dari danau kawah dipercaya beberapa orang dapat menyembuhkan penyakit dan membersihkan aura negatif pada diri seseorang yang meminumnya.

Akses

Jarak yang ditempuh sejauh 95 Km dari kota medan dengan rute perjalanan, Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Nagori Dolok – Dolok Tinggi Raja akan memakan durasi perjalanan kurang lebih 2,5 jam. Pemerintah disana masih terus berupaya untuk melakukan perbaikan menuju lokasi agar para pengunjung mudah mengakses jalan. Walaupun begitu selain jalan yang terjal dan memacu ardenaline adalah hal yang menyenangkan yang akan dirasakan oleh setiap para wisatawan yang akan berkunjung. Beberapa tips beguna teruntuk wisatawan yang akan berkunjung :

  •  Menggunakan pakain yang nyaman.
  • Perlu memperhatikan kondisi cuaca karena dapat mempengaruhi aksesibilitas.
  • Tidak disarankan saat musim penghujan karena beresiko terjadi kecelakaan seperti tergelincir disebabkan jalan yang lincin.

Penginapan Dan Fasilitas

Penginapan Dan Fasilitas

Sekitar kawasan kawah terdapat penginapan dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang memang disediakan untuk para wisatawan agar memberikan kenyamanan kepada pengunjung jika
mereka berkeinginan menetap menikmati keindahan alam lebih lama lagi. Beberapa fasilitas yang didapatkan pengunjung:

1. Area parkir

Untuk menjangkau lokasi tanpa harus mengkhawatirkan tempat parkir, kawasan wisata menyediakan area yang luas demi memudahkan pengunjung sampai lokasi tujuan.

2. Pusat informasi wisata

Membantu pengunjung untuk memahami lebih baik tentang rute hiking, daya tarik, dan aturan-aturan yang berlaku pada area tersebut.

3. Toilet dan tempat istirahat

Menyediakan area istirahat seperti homestay dan tersebar toilet-toilet umum dikawasan area wisata, dan juga warung kecil untuk membeli makanan & minuman.

4. Area bersantai dan pemandangan

Pengunjung dapat duduk dengan santai sambil menikmati keindahan danau kawah sekaligus panorama sekitar, biasanya banyak tersedia bangku-bangku atau tempat duduk strategis untuk menikmati pemandangan alam.

5. Fasilitas keamanan

Untuk keamanan mungkin akan ada petugas penjaga keamanan yang berpatroli bertujuan menjaga keselamatan serta ketertiban pengunjung selama berada di kawasan.

Kesimpulan

Kebanyak dari setiap pengunjung berkomentar dan bercerita membuat yang mendengar seakan sedang berada di negeri dongeng, tapi itulah yang terdapat. Kawah Putih Dolok Tinggi tidak cukup untuk di utarakan hanya dengan lewat kata-kata. Salah satu destinasi wisata dan Cagar Alam yang banyak sekali ke istimewaannya dan mengandung sejarah yang menarik serta kuliner khas daerah. Tertarik untuk membahas destinasi tentang wisata lainnya silahkan kunjungi kami dengan klik link dibawah ini Wisata Indonesia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *